Arsyafin Production

Vendor Cirebon - Vendor Produksi Cirebon
Cair Rp 400.000, Ini Cara Cek Penerima BLT El Nino November 2023

Cair Rp 400.000, Ini Cara Cek Penerima BLT El Nino November 2023

Pemerintah akan mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino pada November-Desember 2023. Setiap penerima berhak mendapatkan Rp 200.000 setiap bulan sehingga total bantuan yang diberikan sebesar Rp 400.000 untuk dua bulan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, BLT El Nino disalurkan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah fenomena alam super El Nino. Merujuk laman BMKG, Merujuk laman BMKG, El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang normalnya berlangsung di Samudera Pasifik bagian tengah.

El Nino bisa menyebabkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia dan kekeringan.

“Karena ada super El Nino dan kita tahu ini jangan sampai mengurangi daya beli rakyat, daya beli masyarakat, kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip dari Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

BLT El Nino dikucurkan untuk 18,8 juta KPM Terpisah, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan bahwa BLT El Nino diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dengan satu kali transfer. “Prosesnya bisa diakselerasi bulan November-Desember kita transfer satu kali,” ujar Sri Mulyani dikutip dari Kontan, Selasa (7/11/2023). “Sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus Rp 400.000 bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos,” tambahnya.

Daya beli masyarakat menurun selama El Nino Terkait alasan penyaluran BLT, Sri Mulyani menerangkan bahwa daya beli masyarakat memang menurun ketika El Nino berlangsung. BLT El Nino membutuhkan anggaran sebesar Rp 7,52 triliun yang akan segera dicairkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). “Jadi penebalan ini yang tambahan kita putuskan bulan ini adalah Rp 2,7 triliun untuk Desember dan Rp 7,5 triliun untuk BLT Rp 200.000 per bulan dibayarkan sekaligus untuk 18,8 KPM. Kita akan transfer begitu DIPA selesai bulan ini, ungkap Sri Mulyani.

Cara cek penerima BLT El Nino Masyarakat yang ingin mengetahui apakah namanya masuk penerima BLT El Nino bisa melakukan pengecekkan secara online. Simak caranya berikut ini:
1. Melalui aplikasi

Download aplikasi Cek Bansos di App Store atau Play Store Klik “Buat Akun Baru”, isi Nomor KK, NIK, nama lengkap sesuai KTP, domisili, username, kata sandi, swafoto KTP, dan foto KTP Jika sudah, klik “Buat Akun” Data akan diverifikasi oleh Kemensos Setelah itu, akun atau user ID bakal diaktivasi dan menu pada aplikasi sudah bisa diakses Login dengan memasukkan username dan kata sandi Klik “Cek Bansos” Lengkapi data sesuai KTP Klik “Cari Data” Tunggu beberapa saat sampai status penerima BLT atau bantuan lainnya muncul.

2. Melalui laman Kemensos

Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id Piluh nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan Ketika nama penerima manfaat (PM) sesuai KTP Masukkan empat huruf kode yang tertera pada kolom Klik “CARI DATA” Tunggu beberapa saat sampai status penerima BLT atau bantuan lainnya muncul Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako berstatus “Ya”.

RSS
Follow by Email
YouTube
YouTube
Telegram
WhatsApp
FbMessenger

Eksplorasi konten lain dari Arsyafin Production

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Contact Person